Semua Tentang Google AdSense


AdSenseGoogle AdSense adalah program kerjasama periklanan antara pemasang iklan atau yang biasa disebut advertiser dan penayang iklan disebut publisher melalui media Internet seperti website dan blog yang diselenggarakan oleh perusahaan Google. Melalui Google AdSense, anda sebagai pemilik website atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya oleh Google diperbolehkan memasang iklan yang sudah ditentukan oleh Google sebelumnya diwebsite Adsense. Pemilik situs dan blog akan mendapatkan income berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik yang akan dibayar oleh pemasang iklan.

Dari AdSense inilah kita bisa memonetize blog selain dari bisnis lain seperti text link dan paid review. Selain Google AdSense for content yang menampilkan iklan, Google juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search), Adsense untuk feed (AdSense for feeds), dan AdSense for domains bagi pemilik domain yang mau parkir domainnya. Pada AdSense for Search, publisher dapat memasang kotak pencarian atau Google Search di halaman web mereka. Penayang iklan akan mendapatkan pemasukan/ pendapatan dolar dari Google untuk setiap klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut. Pada Adsense for content, pemilik situs web akan menerima pemasukan setelah pengunjung melakukan klik pada iklan yang ditayangkan publisher yang berasal dari Google.

Lalu dari mana Google akan membayar anda sebagai publisher?
System kerjanya cukup mudah dipahami walaupun kadang susah dipraktekan. Di program AdSense pihak pemasang iklan mendaftar di google melalui Adwords dengan membayar sejumlah uang untuk menayangkan iklan dijaringan Adsense. Nah apabila ada pengunjung situs web / blog yang mengklik iklan yang di pasang diblog anda maka Google akan mendapat bayaran dari pemasang iklan tersebut dan anda akan memperoleh bayaran dari google dengan prosentasi tertentu. Jadi system kerja yang sama-sama menguntungkan bagi pemasang iklan(advertiser), Google, dan anda sebagai penampil iklan (Publisher).

Bagaimana Google akan membayar anda?
Pembayaran google kepada publisher memakai metode chek yang dapat dicairkan diBank tapi saat ini sudah tersedia metode pembayaran melalui Western Union yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran dari AdSense secara tunai menggunakan layanan transfer uang Western Union di seluruh dunia. Pembayaran dapat diambil di Agen Western Union setempat yang tersebar di daerah pedesaan dan kota-kota kecil sehari setelah dikirimkan berdasarkan jadwal pembayaran normal, jadi lebih mudah dalam proses pencairan penghasilan kita dari AdSense.

Berapa anda akan dibayar oleh Google sebagai publisher?
Penghasilan yang kita dapatkan berbeda setiap kali klik yang terajadi sekitar antara $ 0,1 – $ 10 per kliknya atau lebih bahkan keyword yang mahal akan dibayar mahal sampai $ 40 per klik, sebuah nilai yang fantastis untuk sebuah klik iklan saja. Google akan membayar publisher setelah pendapatan sudah tercapai minimal $100 tiap bulan nya. Pembayaran di lakukan sesudah 30 hari setelah kita melewati pendapatan minimal $100, jadi apabila bulan desember  ini anda mendapatkan minimal $100 maka komisi ini akan di bayarkan pada akhir bulan Januari tahun depan.

Jika mempelajari teorinya memang kelihatan mudah tapi pada kenyataannya banyak juga yang gagal dalam bisnis AdSense karena kunci sebenarnya adalah bagaimana kita membangun blog atau web yang baik dan dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita mendatangkan traffic kunjungan ke blog karena adsense tanpa traffic visitor ke web atau blog akan sulit mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi system pendaftaran publisher yang ketat di Adsense menyebabkan banyak pendaftar Adsense yang ditolak terutama berkaitan dengan kualitas blog yang didaftarkan dan untuk anda yang sampai saat ini belum diterima di Adsense, InsyaAllah sebentar lagi saya akan membuka jasa pembuatan akun Google Adsense murah dan proses cepat. Jadi tunggu saja artikel berikutnya dan semoga bermanfaat see ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: