Tips Menentukan Spesifikasi Komputer


Tips Menentukan Spesifikasi Komputer

 

lowenergydesktopcompute Tips Menentukan  Spesifikasi Komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Power Supply:
Upayakan menggunakn PSU yg baik (pure power).Jangan tergiur oleh besarny watt yg ditawarkan. Ingat: harga tidak pernah bo’ong! Kalo ada yg menjual case berikut PSUnya sharga 400 rb dgn iming² PSU nya 450 W (misalnya),lupakan saja. PSU jenis ini cuma ditulisan aja yg 450W,power sebenarnya bs dpt 250W saja anda sudah bruntung. Kecuali hendak merakit kompi low-end dgn mobo VGA OB dan tidak banyak komponen tambahan, jangan pernah menggunakan power supply murahan bawaan chasing.

Kompi bukan seperti mainan mobil-mobilanan untuk anak. Kalau mainan, batere drop paling-paling jalannya jadi pelan dan lampunya redup. Begitu diganti batere baru, jalan normal lagi. Komponen kompi tidak seperti itu,kalo tegangan/daya kurang maka dia akan rusak permanen. PSU yang jelek berpotensi merusak komponen lain. Jangan pertaruhkan uang jutaan yang sudah kita keluarkn untuk beli CPU menguap begitu saja karena kita berhemat beberapa ratus ribu untuk membeli PSU yg bagus.

Prosesor:

processor 300x271 Tips Menentukan  Spesifikasi Komputer
Apabila dana terbatas, spesifikasi prosesor boleh diturunkan kelasnya (kecuali untuk kebutuhan pengunaan yg memang perlu prosesor yg canggih). Komponen ini yg paling gampang diupgrade. Dan kalau kita mengerti sedikit tentang teknis komputer, tidak terlalu sulit untuk  memacu (overclock) prosesor agar kinerjanya setara dengan prosesor dan dengan spek diatasnya (yang lebih mahal tentunya).  Kelak kalo dirasa kinerja prosesor sudah tidak memadai untuk kebutuhn kita, cukup beli prosesor baru yang lebih canggih dan jual prosesor bekasnya. Syaratnya asal mainboardnya mendukung aja.

Motherboard:

mainboard abit 300x247 Tips Menentukan  Spesifikasi Komputer
Yang paling sulit justru menentukn pilihan mainboard. Komponen ini boleh dikatakan tidak bisa diupgrade, karena mengganti mainboard biasanya terkadang diikuti dgn mengganti prosesor pula. Kalau sudah begini mendingan jual komputer yang lama, beli baru. Tips dalam memilih mainboard, belilah mainboard dengan chipset keluaran terbaru sesuai kemampuan finansial.  Chipset terbaru biasanya sudah mndukung prosesor generasi yg akan datang beserta fitur-fiturnnya 2thn lagi, misalnya  komputer  kita sudah kedodoran menangani berbagai aplikasi baru , kita tinggal ganti prosesornya aja dengan generasi yang lebih muda.

Memory

memory dual chanel Tips Menentukan  Spesifikasi Komputer

Untuk saat ini,kapasitas RAM1GB adalah syarat minimal untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan nyaman. Alangkah baiknya bila pasang RAM2GB di sistem. Hal yg perlu diperhatikn adalah spek mainboardnya, apakah sudah mendukung fitur dual channel (hampir semua mainboard keluaran baru sudah mendukung dual channel, kecuali type trtentu . Dengan mainboard yang support dual channel, dianjurkan untuk memakai 2keping RAM yg identik.

memory identical batch number 300x205 Tips Menentukan  Spesifikasi Komputer

Jadi kalau mau pasang memory 1G belilah 2keping @ 512 MB dgn merk yang sama (dan kalo bisa batch number yg sama). Memang 2 keping @ 512 MB sedikit lebih mahal dibanding 1 kping @ 1 G, tapi layak dibayarkan karena kinerja memory jadi lebih cepat.

Optical Drive & Hard Disk:

Optical Drive 300x201 Tips Menentukan  Spesifikasi Komputer
Belilah Optical Drive sesuai kebutuhan. Kalo memang membutuhkan untuk menulis data di DVD, maka mau tidak mau harus memakai DVD-RW. Tapi kalo data cukup ditulis di CD,maka DVD combo adalah pilihan yg paling bijak. Apapun kondisinya, DVD drive sudah menjadi keharusan dewasa ini. Sebagian besar installer aplikasi baru sudah menggunakn format DVD, bukan CD lagi.

harddrive sata ata 300x188 Tips Menentukan  Spesifikasi Komputer

Koneksi untuk Optical Drive dan Hardisk sebaiknya mnggunakan yang Serial ATA (SATA). Beberapa mainboard keluaran terbaru sudah jarang yang memiliki port IDE/Paralel ATA secara native. Memang biasanya masih tersedia port IDE,  tapi itu ditangani oleh 1 chipset khusus yg akan merubahnya mnjadi SATA. Kadang-kadang deteksinya lebih lambat, sekalipun bisa berfungsi normal.

 

Thank’s

posted by : thedelss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: